Wujudkan Kerja Sama Atasi Sampah, DLHD Launching Mengubah Sampah Menjadi Berkah

Wujudkan Kerja Sama Atasi Sampah, DLHD Launching Mengubah Sampah Menjadi Berkah

CIREBON-Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kabupaten Cirebon melaunching Cirebon Katon Bersih Mengubah Sampah Menjadi Berkah di Desa Pamengkang Kecamatan Mundu, Jumat (18/3).

Dalam launching untuk mengatasi persoalan sampah itu, DLHD menggandeng instansi swasta termasuk Toko Mas Pantes.

Kepala DLHD Kabupaten Cirebon, Iwan Ridwan Hardiawan MSi mengatakan, Program Cirebon Katon Bersih itu merupakan upaya pemerintah Kabupaten Cirebon untuk menangani persoalan sampah di Kabupaten Cirebon.

“Karena permasalahan sampah sudah begitu kompleks maka perlu keterlibatan berbagai pihak, tidak hanya Pemerintah Kabupaten Cirebon tetapi juga instansi vertikal termasuk dunia swasta, ini yang dimaksud dengan konsep pentahelik,” ujarnya.

BACA JUGA:

Iwan mengungkapkan, dengan melibatkan pihak swasta dalam mengatasi sampah tentu akan mempermudah menyelesaikan persoalan sampah di Kabupaten Cirebon.

“Bahwa penyelesaian program-program itu akan lebih efektif ketika melibatkan berbagai komponen,” ungkapnya.

Untuk launching pertama kali dilaksanakan di Desa Pamengkang Kecamatan Mundu. “Ini adalah launching kita hari pertama kita untuk melakukan gerakan bagaimana masyarakat untuk peduli menangani sampah diantaranya melalui pemilahan dimana yang organik bisa dikelola oleh bank sampah dan non organik yang akan diangkut ke TPA,” tuturnya.

Berita berlanjut di halaman berikutnya:

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: